Sabtu, 15 Mei 2010

Kronologi Sejarah Perjuangan Bangsa Indonesia dan TNI

Setelah Hiroshima dan Nagasaki di bom oleh sekutu pada tanggal 6 dan 9 Agustus 1945, Jepang menyerah kepada sekutu tanggal 14 Agustus 1945. Dampak kekalahan tersebut Jepang harus menyerahkan semua bekas jajahannya kepada sekutu termasuk Indonesia. Menyerahnya Jepang kepada sekutu tidak diketahui oleh bangsa Indonesia karena bangsa Indonesia dilarang mendengarkan radio oleh Jepang namun ada beberapa pemuda yang secara sembunyi-sembunyi memutar radio Jepang, sehingga terdengarlah berita kekalahan Jepang oleh Sekutu. Berita ini mendorong pejuang Indonesia untuk segera mendesak Ir. Sukarno memproklamirkan kemerdekaan, namun Ir. Sukarno belum mau, sehingga para pemuda menculiknya untuk dibawa ke Rengasdengklok tanggal 16 Agustus 1945, wilayah yang sudah direbut dan dikuasai oleh pasukan Peta dari tentara Jepang.

Setelah dari Rengasdengklok dilanjutkan dirumah Laksamana Maeda jalan Diponegoro Jakarta untuk merumuskan naskah Proklamasi, akhirnya Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia dikumandangkan oleh Ir. Sukarno dan Drs. Moh. Hatta pada hari Jum’at Legi tanggal 17 Agustus 1945 pukul 10.00 WIB di kediaman Ir. Sukarno Jln. Proklamasi No. 56 Jakarta. Setelah merdeka, tanggal 18 Agustus 1945 ditetapkan Dasar Negara Republik Indonesia Pancasila dan Undang-Undang Dasar Republik Indonesia 1945 (UUD 1945) serta dibentuk pemerintahan dengan Ir. Sukarno sebagai Presiden Republik Indonesia dan Drs. Moh. Hatta sebagai Wakil Presiden Republik Indonesia. Setelah Jepang kalah dan Indonesia sudah merdeka, maka Jepang membubarkan tentara sukarelanya yaitu Peta pada tanggal 19 Agustus 1945. Tentara Peta yang tersebar di Jawa dan Bali sebanyak + 69 Batalyon serta tentara Gyugun yang tersebar di Sumatra.

Pada tanggal 22 Agustus 1945 baru dibentuk Badan Keamanan Rakyat (BKR) sebagai bagian dari Badan Penolong Keluarga Korban Perang (BPKP) dengan tugas menjaga terjaminnya keamanan dan ketentraman umum. Sampai akhir Agustus 1945 Jepang khususnya di Sumatra masih berkuasa dan Indonesia belum mempunyai satuan militer/tentara.

Perjalanan hidup kemerdekaan Indonesia sejak diproklamasikan tahun 1945 sampai sekarang telah menghadapi cobaan dan batu ujian, namun hal tersebut telah mampu dihadapi.

2 komentar:

  1. ini bermakna merdeka indonesia itu emang dirancang jepang.....mumoumng ada amerika bantai jepang.

    BalasHapus
  2. Aku Bangga menjadi pemuda INDONESIA karena jiwa ku telah menyatu dan seluruh raga ku, akan ku perjuangkan untuk "INDONESIA KU" tak lupa harappan ku semoga pemuda-pemidi di seluruh indonesia bisa memejukan NEGARA ini.

    AYO SEMANGAT PEMUDA-PEMUDI .....!!!
    PERJUANGKAN NEGARA KITA ... !!!
    LAWAN MUSUH YANG MENGGOYAH NEGERI INI ...!!!
    KOBARKAN API MU DAN KIBARKAN MERAH-PUTIH MU !!!!

    BalasHapus